Senin, 12 September 2011

Aplikasi visa Korea Selatan (part 1)

Oh ya sebelumnya, saya mau cerita dulu latar belakang knapa saya buat visa korea ini. Jadi rencananya, InsyaAlloh i'm going to South Korea this November!!! Yaiy!!!
Kalo ditanya kenapa saya mau ke Korea, bukan-bukan karena artis ato drama koreanya kok (biasanya cewe2 kan suka pada gitu ya jawabannya, hahaha) tapi ini karena senior saya, Kak Defi :D.
Begitu ngeliat how fantastic she is, bisa traveling ke berbagai negara dengan budget minim, saya juga pengen bisa kaya gitu Dan melalui kak Defi, saya nemu akun fbnya mba Claudia Kaunang, penulis buku2 panduan traveling hemat \(^o^)/  yang kebeneran banget lagi ngadain trip bareng pembacanya ke Korea Selatan. Tanpa pikir panjang ba-bi-bu-be-bo, saya daftar aja langsung, padahal saat itu paspor aja saya belom punya *nekat banget* hahahaha. saya juga ga kepikiran kalo pada akhirnya saya dapet gosip2 dari temen, Korea bukan negara yang mau didatangi pertama kali oleh turis2 asal Indonesia. Ah sa bodo teuing lah, kalo Alloh uda mentakdirkan saya ke Korea (walau belum pernah ke Luar Negeri sama sekali), pasti saya dikasi jalan buat ke Korea juga. Yang penting YAKIN!!! hehe :D
Saya rencana pergi bareng rombongan pembaca setianya Mba Claudia Kaunang dari tanggal 15-20 November 2011. Menurut perkiraan, kayanya di sana lagi musim autumn mendekati winter. Woooggghhhh pengen pegang salju!!!! *norak* hahahaha
Oh ya, ini buku2 yang ditulis mba CK :
ini yg Singapura
ini yang Thailand, Malaysia & Singapura. InsyaAlloh i'm going there with mom and friends on May 2012. Amin :)
Ini yang Macau, Hongkong & Shenzhen yang insyaAlloh saya juga bakal kesana sama ibu bulan May 2012 ^_^
Nah ini dia yang Korea. Hopefully this Nov. amiiiinn :)
Ini buku terbaru mba CK. Untuk trip Jepang, belum terpikirkan, hehehe
 Ok main to our topic about visa. FYI, korsel ini adalah salah satu negara di benua Asia yg mensyaratkan visa untuk bisa masuk ke negaranya. Jadilah saya mesti ngurus berkas2 yang disyaratkan oleh Kedutaan Korea Selatan ini. Untuk lebih jelasnya bisa langsung klik di sini  
Adapun berkas yang harus dilampirkan ke kedutaan ini banyak sekali versinya, untuk itu saya juga akan menuliskan yang versi saya, hehe.
1. Formulir permohonan visa (sudah ditempel foto)
2. Paspor Asli dan fotocopy nya yang berlaku min 6 bulan.
3. Foto copy Kartu Keluarga
4. Foto copy kartu NPWP
5. Foto copy SPT Tahunan
6. Surat Keterangan Kerja berbahasa Inggris dari kantor / perusahaan
7. Slip gaji berbahasa Inggris, jika bisa diusahakan (saya sih ga pake, hehe)
8. Foto copy buku tabungan, rekening koran 3 bulan terakhir berturut2
9. Surat referensi dari bank
10. Foto terbaru latar belakang PUTIH ukuran 3.5 x 4.5 cm
11. Bukti reservasi tiket CGK - ICN PP

Satu item lagi yang mungkin akan sangat membantu keberhasilan aplikasi visa adalah itinerary. Secara saya ikut rombongan mba CK, otomatis saya ga perlu ngelampirin itinerary saya selama di Korea. semua uda di-handle sama mba CK, hehehe. Begitu juga buat Anda yang ikut tour, ga perlu repot mikirin mau kemananya :D

Ok. kayanya itu dulu aja ya. Berkas2 dari kantor masih di ruangan Pak Paris (kepala kantor saya) nih. Mohon doanya biar semua lancar sampe saya dapet visa korea saya ya guys. Amin amin amin ya Robbal alamin :')
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar