Senin, 26 September 2011

Melihat Franchise Exhibition

Nah kalo hari Sabtu kemaren saya ikut seminar property. Hari Minggu nya saya menghabiskan sedikit waktu di Pameran Franchise yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta, 24 - 25 September 2011.


Saya sendiri baru bisa ke sana pas hari kedua. Saya janjian ketemuan di sana sama Kak Riyo, salah satu abang saya di KPP Pratama Palembang Ilir Barat. FYI, ada tiket masuknya lho kalo mau masuk sini. HTMnya Rp !5.000 saja, tapi banyak banget yang bisa kita dapetin. Tak lain dan tak bukan adalah di stand franchise makanan!!! Nah sambil nunggu kak Riyo yang lelet itu *oooopsss, hehehe* saya sok-sokan muter2 liat2 dengan gaya berwibawa gitu *ok, itu penilaian subjektif saya sndiri :D*
Otomatis saya ditawar2in sama mba2 dan mas2 sales disana buat mampir ke booth mereka kan yaaaaa... Sambil dijelasin tetek bengek franchise dari A sampai Z, saya dikasi sample produk mereka. Dengan tampang serius dan berminat, saya melemparkan pertanyaan2 tentang franchise mereka. Jadi biar keliatan kalo mampir kesana bukan karena cuma numpang icip2 doank, hahahaha. Yah endingnya pasti juga bakal ketebak kan ya. Saya memohon izin dengan mas-mbak nya, dan berjanji mampir lagi kalo emang tertarik *padahal ga tertarik sama sekali dari awal* hahahha.

Dan cara itu saya gunakan untuk setiap booth makanan. Ya sambil nunggu kak Riyo yang juga belon dateng -___- Alhamdulillah yah dengan cara tersebut, uang lima belas rebu ga berasa sia-sia. Dari hasil usaha icip2 di hampir semua booth makanan, saya KENYANG cyiiiinndddd :p Mulai dari es, minuman kesehatan, kebab, bakso, sampai steak *it was really nice to spent a day in the place like that! hahahaha* *evil grin*

Oh iya. Maaf, saya lupa untuk poto2 di sana sebagai bukti kalo yang saya bilang bukan HOAX. Soalnya yang saya pikirin di sana cuma nyicipin semua makanan disana sih yaaaaa, hahahaha. Yah lain kali kalo kemana2, saya sempetin buat poto2 keadaan sekitar (semoga inget). Tapi ini ada gambar yang saya search dari internet. Bener kok ini ada di sana, tapi saya lupa namanya apa :D


Ada sekitar 35 perusahaan yang turut bergabung dalam pameran franchise tahun ini. Mulai dari makanan, minuman, kain, minimarket, travel, samapi yang bisa mendatangkan hasil miliaran rupiah, yaitu pembibitan pohon jati dan jabon. Kalau saya sebutin brand2nya ada Kebab Turki Baba Rafi, Corner Kebab, Es Batok 212, Manna Drink, Bakso Celup, Bakso Kaget, Bang Cook Potatoes, Indo waffel, Minta Crepes, United Steak, Bisnis Travel Mandiri, Alfamart, Indomart, Harfam, dll (maap lebih banyakan franchise makanannya, soalnya yang lebih diinget kalo urusan perut aja, hahahaha)

Investasinya pun bermacam-macam, dari yang hanya Rp 2,5 juta sampai hampir Rp 500 juta rupiah. Kalau saya pribadi sih tertarik pada Harfam. Sekilas tentang Harfarm, jadi Harfam ini franchise yang mendukung penghijauan bumi. Maksudnya, kita membeli lahan untuk ditanami pohon jati ataupun pohon jabon. Sistem kemitraannya, kita bisa beli lahan tersebut kemudian olah sendiri, atau kita kerjasama dengan pengelola, nanti hasil panennya dibagi dua. 50 : 50.
Untuk investasi tanam pohon jati selama masa tanam 8 tahun, yaitu sebesar Rp 430.655.000 setelah didiskon (selama pameran) Rp 70 juta. Hasil pada saat panen sekitar Rp 15 Milyar / hektar. Sedangkan untuk investasi tanam pohon Jabon selama masa tanam 7 tahun sebesar Rp 260.000.000 setelah didiskon (selama pameran) Rp 40 juta. Hasil yang bisa didapatkan sekitar Rp 5,5 Milyar/hektar. FYI, keduanya bisa dicicil 3 kali dalam tempo 2 bulan.

Saya sih tertarik bener sama investasi satu ini. Tapi ya ituuuuu. Kendala ada di duit T____T  Jangankan 260 jeti, 50 jeti pun duit saya ga ada saat ini *menangis di pojokan ballroom* *menyesali terlahir cantik begini* lah hubungannya apaaaaa???~
Iya, jadi gitu. Ngeliat mukanya kak Riyo kayanya berminat juga, tapi sama2 pada mikirin mending buat biaya kawin dulu lah yaaaa, akhirnya kami berdua meninggalkan booth yang menjanjikan uang melimpah itu dengan langkah gontai dan kusut *padahal emang uda kusut mukanya dari awal*

Setelah puas berkeliling2 dan nampaknya uda ga ada lagi makanan yang bisa diicip2, saya pun memutuskan hunting buku di Gramedia PS, sementara kak Riyo pulang karena ada kondangan, hayyaaaahhh -____-"

Doa kali ini : Ya Alloh, smoga taun depan ketika ada pameran ini lagi, saya bisa ikut investasi tanam POHON JATI di Harfam ini. Amin Amin Amin ya Robbal Alamiiiiinnn :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar